Mengapa banyak orang tertarik untuk berinvestasi di pasar modal


                                                                      Buce Doank

Mengapa banyak orang tertarik untuk berinvestasi di pasar modal, atau yang sering disebut "main saham"?
Biasanya ada 2 jawaban yang umum diberikan:

1. Uang
Banyak yang tergiur akan kisah kesuksesan trader saham yang beredar; seseorang yang mulanya berpenghasilan kecil menjadi besar dalam kurun waktu singkat. Contohnya cerita mengenai Nicolas Darvas yang berhasil melipatgandakan modal awalnya sebesar $25.000 menjadi $2jt dalam waktu 18 bulan. Dengan strategi dan faktor yang tepat, kekayaan dapat bertambah dengan cepat. Pada kenyataannya, seperti produk investasi lainnya, kemungkinan rugi tetap ada. Semua tergantung kepada kita sendiri sebagai pelaku untuk memahami produk investasi tersebut dan mengelola resikonya.

Tidak hanya dari potensi hasil, modal pun tidak perlu besar. Di Indonesia, kita sudah bisa bertransaksi saham dengan modal minimal Rp.5jt. Dengan modal relatif kecil dan waktu yang relatif cepat, anda bisa menjadi trader. Namun tentu kita harus pandang hal tersebut dengan pemahaman yang tepat; modal terbatas juga berarti peluang terbatas. Semakin besar modal, kesempatan juga semakin banyak.

2. Kebebasan
Alasan lain yang membuat trader profesional merupakan profesi yang menarik bagi banyak orang adalah peluang untuk mendapatkan kebebasan yang sepenuhnya tanpa bergantung kepada orang lain.

Seorang trader tidak memiliki atasan atau teman kerja yang berpotensi menimbulkan pertengkaran. Anda dapat melakukan trading saat masih mengenakan jubah mandi di pagi hari lalu berangkat bermain golf di sore hari dan tidak ada yang dapat melarang anda. Trader berkendali penuh terhadap kesuksesan yang diraih. Anda tidak harus meyakinkan atasan atau partner bahwa ide anda adalah yang terbaik. Sebagai trader satu-satunya hal yang penting adalah Hasil Akhir. Inilah kebebasan yang sesungguhnya.

Namun kenyataannya, kebebasan (kemandirian) dapat diperoleh dari beberapa profesi. Kenapa memilih menjadi trader dibandingkan menjadi wirausaha, pemain golf profesional, penulis, musisi atau pilihan profesi lainnya yang menjanjikan kelimpahan harga sekaligus kemandirian?

Ternyata dua jawaban paling umum di atas tidak sepenuhnya tepat. Bahkan, ternyata setelah mempelajari banyak trader, mereka yang motivasinya adalah uang dan kebebasan biasanya TIDAK BERHASIL. Trader terbaik termotivasi oleh hal-hal lain di luar uang dan kebebasan. anda ingin tahu apa motivasi utama mereka yang sukses di bidang investasi pasar modal?

silahkan di lanjut di sini