Penyakit Kronis Seorang Trader



Indra Muchtar
Ini beberapa " dosa " yang saya lakukan , dimana dosa ini membuat trade saya seringnya loss atau MC...semoga bisa menjadi pelajaran , karena ini bener bener di ambil dari pengalaman saya pribadi , bukan sekedar teori :

a. Suka tidak punya Stop loss atau pun punya suka di pindah pindahkan ketika salah dan SL hampir kesentuh.

b. Suka tak puas alias serakah , jika sudah dapat 20 ingin 40, jika dah 40 ingin 80...jika TP dah hampir tersentuh, pindahkan agar lebih jauh supaya dapat lebih banyak.

c. Jika target dan tercapai, katakanlah 2 x entry , suka cari cari yang ke 3...padahal otak kita punya keterbatasan dalam menganalisa yang bener...lazimnya 2 x analisa tepat tanpa loss dalam sehari itu sdh sangat luar biasa, setidaknya menurut saya sesuai dng kemampuan saya.

d. Suka tak sabar menunggu peluang , takut sekali ketinggalan kereta , walau sudah terlambat masiiih saja paksakan entry...sehingga akhirnya ke seret seret floating...ketika dah floating dan jelas salah tak ikhlas untuk cut loss...ironisnya lebih ikhlas kalau MC sekalian...:)

e. Suka Over confidence...kadang cendrung menjadi sombong...ketika suatu hari profit banyak , post di FB , katakan puluhan atau ratusan % , besoknya akan merasa bahwa hari ini akan bisa dapat lebih banyak...yang pada akhirnya profit yang ada jadi hilang kembali bahkan dng modal modalnya pun hilang :v

f. Suka lupa bahwa , akal dan fikiran kita sekalipun terlatih , jika tanpa izin Allah tak akan bisa menganalisa dengan benar...Allah tak suka jika kita sombong...jika kita merasa diri kita lebih hebat...karena kesombongan itu mutlak hanya milik Allah...kita sering lupakan niat yang benar adalah mencari sesuatu dengan mencari ridho Allah...bukan agar kita menjadi kaya , sukses, terpandang , tampak hebat bagai master , agar kita di hormati, di sanjung sanjung oleh orang lain...jika sudah itu yg terbersit di hati, yakinlah Allah akan memberikan teguran berupa kegagalan..kemiskinan dan tekanan...naudzubillahi mindzalik....

sementara itu yg bisa saya ingat...hehehehehe..ntar kalau ingat lagi saya tambain deh....:)



Anda, M Il Ham, Amrizal Muaro, Alexander Henz, dan 40 orang lainnyamenyukai ini.


Jefry Goldd Lie


Lyan Srie Mulyani D. Pas Floting ga balik2...dlm hati ngomel..sok aja MC sekalian....*sambil geram....



Indra Muchtar .....Mbak Lyan Srie Mulyani.....kok tau ?...



Lyan Srie Mulyani tahu dong.....*emang cm abang aja..gkgkgk



Indra Muchtar hahahahahahaha............



Amrizal Muaro Serupa tapi tak sama waktunya hehehehehe..........



Ahmad Amir admin sentiasa terbaek..moga di pemurah kan rezeki..



Saefurrohman Asy-syaadziliy suka gatal tangan............



Tommy Kurniawan Makasih Pa Indra, sy juga sama seperti yg pa Indra uraikan diatas, sering tdk bs menerima kl Lost, Op lagi Op lg.



Junior Lo



Shahril Majid Say suka yg perenggan f itu.



Dhedy Trisna Wah wah aye banget tu Abang



Ari Haryanto Trims bang Indra Muchtar..saya salut sama sampean udh mau berbagi pengalamannya kepada saya yg newbi nie..maaf klo boleh saya ijin komen dgn membaca postingan sampean huruf F itu ngeri jga..Astagfirullohaladzhim3x..mengenai sikap sombong ini sangat sulit bg kita memhaminya kdg niat kita pgn belajar blm tentu pikiran org lain sperti itu..contoh lukisan dikira org hebat lah padahal blm tentu niatnya tuk pamer..niatnya cuma tuk belajar klo ada kesalahan dalam lukisan mari kita cari kenapa bisa begini kenapa begitu sebab postingan lukisan sesuai ditempat pembelajarannya jg..tp jgn sampe membuat sentimen jgn lukisan aja yg bagus tujukin SS OP nya hehe udh ga bagus..jadi jgn sampe pikiran kita jadi Suudzon jadinya karena sesuatu perbuatan org lain blm tentu apa yg kita pikirkan sama dgn apa yg kita lihat..naudzubillahi mindzalik...Trims udh ngingatin yg newbi ni bang..saya salut dgn sampean semoga apa yg sampean sampaikan ini mendaptkan berkah dan pahalaNya Allah SWT..Amin.



Augusta Wedha ternyata kita suka melakukan dosa yg sama omIndra Muchtar



Indra Muchtar Mas Ari Haryanto..antara niat pembelajaran dan kesombongan itu bedanya sangaaat tipis...saat kita post suatu SS dengan ada entry di dalam nya, mungkin kita dak ada niat untuk sombong di awal, murni untuk pembelajaran saja, namun kadang setan ambil bagian disana, ditiupkan nya bibit kesombongan di hati... terbersit secuil perasaan di hati...perasaan bangga ketika SS kita di like banyak orang dan dikatakan hebat....saya tak berniat extrim atau berniat menyinggung siapa siapa namun saya hanya sampaikan apa apa yg saya rasakan dan fikirkan....mhn maaf jika kalimat saya kurang berkenan...



Ari Haryanto hehe ga bang saya justru salut dgn sampean dimana kita saling mengingatkan..mmg betul sangat tipis sekali..sebab itu saya jd sangat takut sekali mengenai hal sikap sombong nie..bg saya adalah niat dan berpikir positif saja jgn sampe kita sperti itu..



Roland Anunebegadang samo be berarti.lebih ikhlas mc dari pada loss...kemungkinan besar ngebom ini wak..



Roland Anunebegadang untuk ss yang ado entry dak masalah sebenernyo wak kalo ado keterangan alasan entry.malah bener2 buat pembelajaran karena dibuktikan dengan entry,jadi laen kali ado market serupo biso ikut.tapi kalo entry bae...bingung jugo ngapo entry disitu.



Ze Chi pujian2 itu yg mbuat kita lupa diri...



Ari Haryanto Mba Zhe Ze Chi makanya kita jgn kasih pujian kasih pertanyaan..klo saya lebih suka dikasih cerminan dr pd dikasih cermin.. seperti abang Indra Muchtar nie sungguh mulia niat beliau..Trims bang.



Ze Chi kalo lukisannya bener, n sgt b.manfaat mau bilang apa kalo ga blg "mantap"



Ari Haryanto kasih ini aja



Purwa Kumbara Sammaaa itu mah Abang Indra Muchtar. penyakit Kronis,



Ibadillah B C D dan F saya bget nieh. sehari bisa sampe 30 entry. wak wak.. maruk mode on



Ibadillah kalau githu... gak boleh post entry. untuk kedepannya. post SS resep masakan aja .. hehe bercanda



Indra Muchtar atas ane koplak....



Ibadillah kalau saya post pengen dikoreksi sama guru guru saya yg besar2 heheh... minggu depan post SS SL aja lah. khusus SL



Krisan Indrawan suka cut lost karena tidak percaya diri



Junaidi Ächilléss Yangterlupa Kok malah saya yang kesindir



Ze Chi kalo q om kris, suka ternak floting



Krisan Indrawan ganti mulai minggu besok ternak propit mba Zhe Chi...



Ze Chi di bawah pun ada telor floting om



Pulung Wahyuaji kok bisa sama sich mas Indra Muchtar dosa2 penyebab MC ny...



Wendra Cashmore coba dforex selain buy sell ada undo...bisa profit trus



Radit Prakarsa Ya dosa lu..ya derita lu bro..


Indra Muchtar ....terimakasih mas Bro Radit Prakarsa...


Johanes Christianto ya betul sekali yang udah trade real pasti merasakannya........



Ahmad Moalim minggu ini ane loss lumayan ngeri gara yang a,b dan c....he,,he,he,,,cepet2 d print taro di depan tembok,,he,,he,,he,,